BAGIKAN
Bupati Dogiyai dan jajarannya berfoto bersama Felix Wanggai dan Bupati Tambrauw dan jajarannya sesusai pemaran program KAT Dogiyai di Bappenas Jakarta (dok.Pemkab. Dogiyai)

JAKARTA (YAKOBUSDUMUPA.com) – Pemerintah Kabupaten Dogiyai dibawah kepemimpinan Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, S.IP terus merancang dan menjalankan sejumlah program dan kegiatan strategis dalam rangka membangun Kabupaten Dogiyai. Salah satunya adalah terkait pengembangan Kawasan Agropolitan Terpadu (KAT) Kabupaten Dogiyai, yang diawali dengan pengembangan peternakan sapi.

Untuk merealisasi program dan kegiatan yang didesain oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2019 ini, Bupati Dogiyai melobi pemerintah pusat agar mendapat dukungan pendanaannya. Akhirnya, kemarin, Rabu (21/04/2021), Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, S.IP memaparkan program tersebut di Kementerian PPN/Bappenas di Jakarta.

“Benar, saya memaparkan rencana pengembangan KAT Kabupaten Dogiyai di Bappenas. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari Bappenas dan sejumlah kementerian dan lembaga lainnya. Semoga ini menjadi pertanda baik untuk pengembangan KAT Kabupaten Dogiyai kedepan,” kata Dumupa.

Pemaparan rencana pengembangan KAT juga diperkuat oleh Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc. Agr dari IPB yang dulu memimpin proyek penelitian dan desain KAT Kabupaten Dogiyai.

“Kabupaten Dogiyai mempunyai potensi yang sangat luar biasa. Jika semua pihak serius mengembangkan ini, Kabupaten Dogiyai berpotensi besar menjadi lumbung daging di tingkat regional dan nasional,” akui Profesor Luki.

Dr. Felix V. Wanggai, SIP, MAP selaku Kepala Pusat Analisis Kebijakan dan Kinerja Desk Papua Kementerian PPN/Bappenas menyampaikan bahwa KAT Kabupaten Dogiyai merupakan program yang sangat strategis untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Dogiyai.

“Program ini merupakan salah satu wujud dari percepatan pembangunan Papua. Kami menaruh perhatian yang serius agar program ini bisa terealisasi,” kata mantan Staf Khusus Presiden SBY ini.

Perlu diketahui bahwa, selain Kabupaten Dogiyai, pada saat yang sama Kabupaten Tambrauw juga menyampaikan program dan rencana kegiatan pengembangan peternakan di Lembah Kebar di Kabupaten Tambrauw. Rencana ini dipaparkan oleh Bupati Tambrauw, Gabriel Asem. (Redaksi)

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini